biji delima

Nama ilmiah: Punica granatum

Suku: Punicaceae

Nama: Pomenranate (Inggris), Delima (Indonesia)

Delima berasal dari asia tengah, terutama Iran, Afganistan, dan balukistan. Sekarang delima di budidayakan  di Asia Barat dan Tengah, negara-negara mediterania, dan india.

Delima adalah buah yang sangat populer diseluruh Timur Tengah. Pohon delima merupakan tanaman pangan kuno di Asia Barat. Delima sempat  disebut dalam bagian tertua Kitab Perjanjian Lama- Taurat. Ada suatu kisah dalam mitologi Yunani ketika Dewi Bumi, Demeter< terpaksa melepaskan anak perempuannya, Persephone, kepada dewa bawah laut, Hades, karena satu biji delima yang telah diterima oleh anak perempuannya itu.

Delima merupakan tanaman semak meranggas yang tegak dan tumbuh menyebar, atau pohon dengan ketinggian 8 – 10 m. tanaman ini berkayu, keras, dan berduri, dengan keliling batang utama sekitar 48-70 cm. kayunya sangat keras dan berwarna kuning muda. Panjang daunnya sekitar 6 cm dan bungannya tumbuh berkelompok. Warna bunga merah-ungu muda, masing-masing memiliki enam helai mahkota. Bijinya bersudut runcing, dengan salut biji yang berdaging dan bisa dimakan, serta berwarna merah sampai putih kemerahmudaan.

Salah satu pusat delima liar yang penting di Himachal Pradesh adalah di Darlaghat, yang secara harfiah berarti jalan atau tempat  pohon delima liar.

Komposisi bagian delima segar yang dapat dimakan adalah sebagai berikut:

Kelembapan: 78%

Protein: 1,6%

Lemak: 0,1%

Serat: 5,1%

Karbohidrat: 14,5%

Mineral: 0,7%

Kalsium: 10 mg/100g

Fosfor: 70 mg/100g

Sodium: 0,9 mg/100g

Kalium: 133 mg/100g

Tembaga: 0,2 mg/100g

Tiamina: 0,006 mg/100g

Riboflavin: 0,1 mg/100g

Asam nikotinik: 0,3 mg/100g

Vitamin C: 14 mg/100g

Jus biji delima tidak hanya digunakan tidak hanya sebagai hidangan penutup, tetapi juga untuk melumuri daging, karena enzim proteolitiknya bekerja sebagai bahan pelunak daging. Biji delima juga digunakan sebagai bahan pengasam dalam masakan Asia Barat, seperti salad Turki kisir.

Biji delima kering merupakan alternatif yang menarik untuk kismis dalam kue dan manisan Eropa lainnya. Jus buahnya juga dapat digunakan untuk membuat minuman skuas yang enak. Kulit kayu pohon dapat digunakan sebagai pencahar yang kuat , meskipun memiliki efek samping. Jus daun segar dan buah mudanya berguna untuk mengatasi disentri dan diare.

Kulit buah delima kering menghasilkan bahan celup warna kuning yang tidak luntur, yang digunakan untuk mewarnai pakaian dan cat rambut. Kulit buahnya juga digunakan bersama dengan tanin sinteris untuk menyamak kulit. Kulit kayu akarnya dapat digunakan untuk menyamak dan mewarnai kulit, dan  untuk membuat tinta hitam pekat. Kayu pohonnya, karena sangat keras dan tahan lama, umumnya digunakan untuk membuat perkakas pertanian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s