Adas Manis

Nama ilmiah : Pimpinella anisum

Suku: Umbelliferae

Nama: Aniseed (Inggris), Adas manis/anis (Indonesia)

Adas manis adalah salah satu rempah tertua yang dikenal manusia dan merupakan tanaman semusim  yang dibudidayakan di berbagai Negara, yang berasal dari turki, yunani, dan mesir.

Adas manis dikenakalkan ke Eropa tengah pada abad pertengahan. Tanaman ini muncul di inggris pada pertengahan abad ke-16, dan sangat terkenal sebagai rempah-rempah obat dan parfum, sehingga termasuk dalam obat ken pajak. Para pedagang yang membawanya ke London harus membayar bea untuk membantu pengumpulan dana pemeliharaan dan perbaikan jembatan London.

Tanaman ini tumbuh sampai ketinggian sekitar 50 cm.  pada musim panasd, adas manis menghasilkan bunga putih dan buah kecil. Bijinya berwarna cokelat  keabu-abuan dan berbentuk oval, dan setiap perikarp memiliki lima alur timbul horizontal yang terlihat dengan jelas.

Komposisi  adas manis

Protein: 18%

Minyak lemak/takasiri: 8-23%

Minyak esensial: 2-7%

Gula: 3,5%

Pati: 5%

Serat: 12-25%

Adas manis bekerja sebagai ekspektoran, spasmolitik, karminatif, antiseptic, parasitisida, dan aromatik.

Adas manis memiliki fungsi pengobatan, karena bersifat karminatif ndan pectoral. Adas manis sangat ampuh melawan batuk dan infeksi dada, dan dibentuk dalam bentuk tablet isap atau asap untuk melegakan dada. Minyak atsirinya menjadi bahan dasar pemakaian internal untuk mengurangi keluhan yang disebabkan oleh ramuan pencahar. Adas manis meredakan sembelit dan perut  kembung, dan dapat digunakan untuk mengobato bronkitis dan batuk iritasi, serta untuk mengurangi gejla batuk rejan.

The adas manis baik untuk radang selaput lendir hidung pada bayi, dan membantu pencernaan pada orang dewasa. Adas manis juga cukup aman diberikan untuk kejang-kejang. Efek estrogenik ringannya menjelaskan kegunaan adas manis dalam pengobatan tradisional untuk meningkatkan sekresi ASI dan memudahkan kelahiran bayi.

Untuk pemakaian luar, minyak adas manis dapat digunakan sebagai bahan obat salep untuk mengobati kudis dan serangan kutu. Adas manis digunakan dalam  pembuatan pembuatan sirop obat  batuk dan obat sakit tenggorakan komersial. Adas manis juga digunakan untuk memberi rasa pada obat-obatan lain dan menambah keharuman pada sabun dan parfum.

Adas manis dapat digunakan dalam acar dan kari. Bunganya dapat digunakan dalam  salad buah. Daunnya digunakan sebagai hiasan makanan, sedangkan akar dan batangnya dapat  dicampur ke dalam sup dan rebusan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s