Jangan minum air dalam posisi berdiri

Makan dan minum sambil duduk adalah tindakan yang lebih aman, nyaman, dan nikmat karena apa yang diminum dan dimakan akan mengalir melalui dinding lambung dengan tenang. Adapun minum sambil berdiri, bias menyebabkan air mengalirdengan keras ke dasar lambung dan menyebabkan lambuing terkejut. Melakukan kebiasaan ini berulang-ulang dapat melemahkan lambung, yang pada akhirnya dapat mengganggu pencernaan.

Ketika dalam keadaan berdiri, seseorang pasti merasa tegang. Alat pengatur keseimbagan pada pusat-pusat sarafnya dalam keadaan siaga agar bisa mrngontrol semua otot tubuh untuk menyeimbangkan  tubuh dan berdiri tegak. Proses ini sangat rumit, karena keikutsertaan system saraf otot pada waktu yang sama, sehingga membuat manusia tidak mampu memperoleh kenyamanan organ tubuhnya. Padahal kenyamanan organ tubuh merupakan syarat yang harus ada ketika makan dan minum. Kondisi tenang oini dapat diperoleh oleh manusia ketika duduk, karena semua system saraf dan oto dalam keadaan tenang dan rileks. Selain itu, keadaan ini juga dapat merangsang indera, serta membuat system saraf lebih siap untuk menerima makanan dan minuman agar dapat mencerna dengan baik.

Makan dan minum dalam keadaan berdiri bisa mengakibatkan gerakan terbalik simpul-simpul saraf yang dilakukan oleh ujung-ujung saraf tersembunyi dan menyebar di dalam lambung. Jika gerakan terbalik ini terjadi dengan keras dan mendadak, bisa menyebabkan timbulnya percikan ujung simpul saraf yang berbahaya dan bisa menyerang jantung, lalu jantung berhenti berdegub, bisa pingsan atau bahkan mati.

Selain itu, kebiasaan makan dan minum sambil berdiri berhaya bagi keselamatan lambung dan bisa menyebabkan infeksi pada lambung. Karena  para dokter memberikan peringatan bahwa infeksi pada lambung, banyak terjadi pada daerah-daerah yang bergesekan langsung dengan makanan dan minuman yang masuk, yaitu mancapai 95% dari kasus-kasus infeksi. Selain itu, proses keseimbangan ketika berdiri yang disertai oleh kekejangan oto pada kerongkogan dapat menganggu jalannya makanan lambung dan kadang-kadang  menimbulkan rasa sakit yang amat sangat, yang menganggu fungsi system pencernaan dan membuat orang yang mengalaminya tidak berselera untuk makan dan minum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s